Mantan News -->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk

Sunday, October 22, 2023 | October 22, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-22T10:25:31Z

Renungan Harian
 

Renungan Harian, Bacaan Injil Matius 22:15-21 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: Yes. 45:1.4-6; Mazmur: 96:1,3,4-5,7-8,9-10ac; Bacaan II: 1Tes. 1:1-5b; PEKAN BIASA XXIX (H); Hari Minggu Misi; 

Sekali peristiwa, orang-orang Farisi berunding bagaimana mereka dapat menjerat Yesus dengan suatu pertanyaan. Mereka menyuruh murid-murid mereka bersama-sama para pendukung Herodes bertanya kepada Yesus, “Guru, kami tahu, Engkau seorang yang jujur dan dengan jujur mengajarkan jalan Allah, dan Engkau tidak takut kepada siapa pun juga, sebab Engkau tidak mencari muka. Katakanlah kepada kami pendapat-Mu: Bolehkah membayar pajak kepada Kaisar atau tidak?”

Tetapi Yesus mengetahui kejahatan hati mereka. la lalu berkata, “Mengapa kamu mencobai Aku, hai orang-orang munafik? Tunjukkanlah kepada-Ku mata uang untuk pajak itu.” Mereka membawa satu dinar kepada Yesus. Yesus pun bertanya kepada mereka, “Gambar dan tulisan siapakah ini?” Jawab mereka, “Gambar dan tulisan Kaisar.” Lalu kata Yesus kepada mereka, “Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah.”

Renungan Harian Bacaan Injil

Hari ini Gereja Universal (Gereja Katolik Roma) merayakan hari Minggu Misi Sedunia. Kita semua sebagai anggota Gereja, lewat  pembaptisan, dipanggil untuk menjadi misionaris. Perutusan sebagai panggilan misioner setiap murid Yesus ini ditegaskan dalam Surat Apostolik Sri Paus Benediktus XV: Maximum Illud (MI, tahun 1919) yang kiranya menjadi dokumen resmi pertama Gereja Katolik tentang Misi.

Di sana ditegaskan bahwa tugas maha-agung dan indah yang diberikan oleh Yesus sebelum la naik ke surga: “Pada saat Tuhan kita Yesus Kristus kembali kepada Bapa-Nya, la memercayakan tugas kepada para murid-Nya. la bersabda, “Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk” (MI 1).

Tugas perutusan ini disambut dan dilaksanakan oleh para rasul serta diteruskan dan dikembangkan oleh Gereja ke seluruh dunia (MI 2). Surat apostolik ini mengingatkan kita bahwa tugas misioner adalah tugas setiap orang yang percaya kepada Kristus, yaitu semua orang yang dibaptis, bukan semata tugas para misionaris.

Ya Allah, curahkanlah Roh Kudus-Mu untuk menjadikan kami pribadi berjiwa misioner sejati, siap diutus dan bersaksi di mana pun kami berada. Semoga kami siap mencurahkan hati dan budi untuk umat di mana pun kami diutus. Amin.

Copas dari https://parokijetis.com/renungan-harian-katolik-22-oktober-2023-bacaan-injil/

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update