Mantan News -->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

8 Kampus Kristen Muhammadiyah Alias Krismuha, Mayoritas Mahasiswanya Kristiani

Sunday, December 3, 2023 | December 03, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-12-03T06:27:22Z

Kampus Kristen Muhammadiyah
 

Selama ini, kata Kampus Muhammadiyah tentu identik dengan kampus bagi mahasiswa Muslim. Inilah yang membuat orang banyak tidak tahu bahwa Muhammadiyah juga memiliki daftar kampus Kristen.

Ini merupakan salah satu cara Muhammadiyah menunjukkan toleransi pada masyarakat Indonesia yang memang memiliki mayoritas Muslim.

Daftar kampus Kristen Muhammadiyah

Melansir dari laman Muhammadiyah, berikut adalah daftar kampus Kristen Muhammadiyah sekaligus lokasinya.

1.    Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

2.    Universitas Muhammadiyah Sorong

3.    Universitas Muhammadiyah Papua di Jayapura

4.    Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Manokwari.

5.    Universitas Muhammadiyah Kupang.

6.    Universitas Muhammadiyah Maumere.

7.    STKIP Muhammadiyah Kalabahi di Alor.

8.    Universitas Muhammadiyah Manado.

“Meski mayoritas mahasiswa di kampus tersebut beragama Kristen dan Katolik, mereka hafal lagu kebangsaan Muhammadiyah, yakni Sang Sura yang memang selalu dinyanyikan di acara-acara formal tertentu,” tulis pihak Muhammadiyah di laman resminya.

Namun, mars tersebut memang cukup dimaknai sebatas sebuah lagu saja sehingga tidak dicampuradukkan dengan keimanan,

Beberapa kampus kristen Muhammadiyah itu, bahkan tidak jarang mendatangkan pendeta atau dosen khusus untuk memberi kuliah agama Kristen bagi mahasiswanya.

Namun, kampus Kristen Muhammadiyah memang tidak menyediakan gereja bagi mahasiswanya. Muhammad Sayuti selaku Sekretaris Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah mengaku hal ini dikarenakan sudah ada gereja di sekitar kampus.

Pihak Muhammadiyah juga berterima kasih pada masyarakat di daerah tempat Krismuha berada karena mau menerima dan mempercayakan pendidikan anak-anak mereka bersama Muhammadiyah.

Di bidang Pendidikan, Universitas Muhammadiyah bahkan mendapat julukan sebagai kampus Krismuha (Kristen Muhammadiyah) karena 70–80 persen mahasiswa yang beragama Kristen dan Katolik.

Sejak didirikan, Muhammadiyah memang telah menunjukkan sikap toleran dan inklusif melalui pelayanan sosial yang tidak memandang, ras, suku, dan tentunya agama. Dokter Soetomo bahkan sempat memberi pujian terhadap etika welas asih Muhammadiyah dalam sebuah pidato di tahun 1924 lalu.

Sikap toleran ini telah diwujudkan dengan dibukanya layanan sosial, seperti fasilitas kesehatan dan pendidikan yang juga terbuka untuk umat non-Muslim.

Demikian informasi tentang daftar kampus Kristen Muhammadiyah *Krismuha", apakah salah satunya ada di sekitar Anda?

Copas dari https://www.suara.com/lifestyle/2023/12/03/131410/8-kampus-kristen-muhammadiyah-alias-krismuha-mayoritas-mahasiswanya-kristiani

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update