Mantan News -->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Gaza Membara Lagi, Netanyahu Memang Tak Niat Damai dari Awal

Friday, December 1, 2023 | December 01, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-12-01T12:29:30Z

perang gaza
 

Gaza membara lagi. Perang antara Israel dan Hamas kembali meletus di kantong Palestina itu, Jumat (1/12/2023).

Pengumuman perpanjangan gencatan senjata yang seharusnya terjadi pukul 07.00 pagi waktu setempat atau sekitar pukul 12.00 WIB, tak terealisasi. Tak ada pernyataan perpanjangan termasuk dari mediator yakni Qatar dan Mesir.

Militer Israel, malah dengan resmi mengumumkan perang berlanjut. IDF melakukan serangan udara dan tembakan artileri, seraya mengklaim tembakan rudal Hamas membatalkan gencatan senjata.

Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu disebut memang tak ada niat melakukan gencatan senjata permanen atju perdamaian lain di Gaza. Profesor politik Teluk di Universitas Qatar, Luciano Zaccara, mengatakan dari awal, Netanyahu berencana untuk memulai kembali operasi militer di Gaza.

"Apakah kembalinya perang habis-habisan dapat dihindari kini menjadi pertanyaan krusial," kata Zaccara kepada Al Jazeera.

"Niat Netanyahu sudah jelas sejak awal, yaitu ingin melenyapkan Hamas. Jadi pertanyaannya adalah apa yang akan terjadi segera setelah semua sandera dibebaskan?," tambahnya.

"Jika tujuannya adalah untuk melenyapkan Hamas, setelah semua sandera akhirnya dibebaskan, mereka akan melanjutkan serangan."

Dikatakannya bila Israel memperpanjang gencatan senjata berarti negeri itu mempunyai kemauan politik untuk meredakan situasi. Tapi ini semua tergantung bagaimana Amerika Serikat (AS), Qatar, dan pemangku kepentingan lainnya menekan Israel ataupun Hamas.

"Kita sekarang menyaksikan mereka mulai meluncurkan roket dan melakukan pembalasan dari pihak Israel," tambahnya.

"Jadi itu tergantung pada beberapa jam ke depan untuk melihat apakah ada harapan setidaknya untuk tidak melihat perang besar-besaran," ujarnya lagi.

Situasi Terkini Gaza

Sementara itu, situasi Gaza, Palestina kini kembali mencekam. Dilaporkan bahwa tak ada lagi perpanjangan gencatan senjata yang sebelumnya dilakukan Israel dan Hamas.

Dalam update Jumat, wartawan Al-Jazeera mengatakan serangan udara telah kembali terjadi dan pesawat terdengar melayang di atas Gaza. Ada juga laporan tembakan artileri Israel di kota Gaza.

"Saksi mata di Kota Gaza dan bagian utara Jalur Gaza mengatakan bentrokan sengit sedang terjadi antara kelompok pejuang Palestina dan pasukan Israel," muat media Qatar itu.

"Di Jalur Gaza tengah, tank-tank Israel juga melakukan penembakan di dekat kamp pengungsi Nuseirat dan Bureij," tambahnya.

Mengutip The Guardian, satu jam sebelum gencatan senjata berakhir, Israel sempat mengatakan pihaknya mencegat roket yang ditembakkan dari Gaza. Sirene peringatan roket terdengar lagi di wilayahnya dekat Gaza hanya beberapa menit sebelum batas waktu.

Belum ada komentar langsung dari Hamas atau pihak yang mengaku bertanggung jawab atas peluncuran tersebut. Sebelumnya, Qatar dan Mesir telah melakukan upaya intensif untuk memperpanjang gencatan senjata setelah pertukaran delapan sandera dan 30 tahanan Palestina pada hari Kamis.

Gencatan dilakukan sejak Jumat pekan lalu. Kedua belah pihak setuju menukar tawanan Israel di Hamas dengan tahanan Palestina.

Perpanjangan gencatan senjata sudah dilakukan dua kali. Perang terbaru ini pecah tak lama setelah kunjungan Menlu AS Anthony Blinken ke Tel Aviv.

Copas dari https://www.cnbcindonesia.com/news/20231201134540-4-493770/gaza-membara-lagi-netanyahu-memang-tak-niat-damai-dari-awal

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update