Mantan News -->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Masakan Khas Jawa

Saturday, November 4, 2023 | November 04, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-04T01:30:34Z

Masakan Khas Jawa, Tengkleng Gajah, Kupat Tahu
 

Kupat Tahu

Kupat tahu atau tahu guling adalah masakan khas Jawa Tengah yang diisi dengan ketupat, tauge, kubis, tempe, dan tahu. Kuahnya memiliki ciri khas asam, manis, pedas. Ada juga variasi kuah yang menambahkan bubuk kacang.

Ayam Lodho

Ayam Lodho merupakan masakan khas daerah Tulungagung. Hidangan ini hadir dengan cita rasa khas yaitu pedas, gurih dan memiliki aroma smokey.

Ayam yang digunakan biasanya ayam kampung. Ayam kemudian dipanggang diatas bara api hingga setengah matang. Lalu, dimasak hingga meresap menggunakan bumbu khas dan santan dengan api kecil. Hasilnya, aroma bakarnya pun sangat harum.

Terik Tahu Tempe Telur

Terik adalah masakan tradisional Jawa Tengah. Nama terik mengacu pada bumbu yang digunakan. Biasanya, yang kerap dimakan adalah resep terik tahu tempe khas Solo.

Masakan ini memiliki kuah yang kental dan rasa yang sedikit manis asin karena kuahnya menggunakan kuah santan kental. Biasanya, hidangan satu ini dilengkapi dengan aneka lauk, mulai dari tahu, tempe, ayam, daging atau telur. 

Jenang Krasikan

Sajian khas Purworejo ini berbeda dengan jenang pada umumnya. Namun, jenang yang satu ini tidak berbentuk seperti bubur, melainkan memiliki tekstur yang sedikit lebih lembut.

Terbuat dari beras ketan yang disangrai, gula aren, santan, dan sedikit garam, menjadikan jenang memiliki rasa gurih dan rasanya mirip dengan dodol yang tidak alot.

Selain itu, saat dimakan teksturnya terasa garing karena tepung ketan yang disangrai sengaja diayak kasar, sesuai dengan namanya, yakni ‘Krasikan’. 

Tengkleng Gajah

Tengkleng sebenarnya adalah masakan khas Solo yang terbuat dari daging kambing yang dimasak berkuah seperti sup. Namun, ada juga tengkleng khas Jogja yang memiliki sajian lebih kental dan legit.

Ketika mendengar tengkleng gajah, mungkin yang terbesit di pikiran adalah tengkleng dengan olahan daging gajah. Namun, sebenarnya bukanlah seperti itu. 

Tengkleng Jogja berbahan olah daging kambing seperti pada tengkleng khas Solo. Namun, yang membedakan adalah ukurannya yang cukup besar sehingga dianalogikan bak gajah

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update