Mantan News -->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Manfaat Minum Kopi Tanpa Gula Bagi Tubuh: Cegah Diabetes hingga Cegah Kanker

Friday, December 22, 2023 | December 22, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-12-22T07:57:13Z

 

Meskipun pahit, kopi tanpa gula tetap banyak digemari. Kopi tanpa gula cenderung lebih baik karena kadar kalorinya yang lebih rendah, yakni 2 kalori setiap 240 mililiter kopi. Dilansir dari Medical News Today, selain mengandung kafein, kopi juga mengandung sejumlah nutrisi bermanfaat, seperti riboflavin (vitamin B2), niasin (vitamin B3), magnesium, potasium, dan berbagai senyawa fenolik atau antioksidan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut enam manfaat minum kopi tanpa gula bagi tubuh: 

1. Penurunan risiko diabetes tipe 2

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kopi tanpa gula dapat menurunkan risiko penyakit diabetes tipe 2 dalam jangka panjang. Bahkan sebuah tinjauan terhadap 30 penelitian menemukan bahwa mengkonsumsi kopi setiap hari dikaitkan dengan risiko 6 persen lebih rendah terkena diabetes tipe 2.

2. Melindungi hati

Dikutip dari pji.uma.ac.id, kopi tanpa gula juga mampu melindungi hati. Konsumsi empat gelas kopi per hari mampu menurunkan risiko terjadinya sirosis hati hingga 80 persen. Bahkan, jika meminum kopi tiga gelas per hari dipercayai dapat mengurangi risiko kanker hati hingga 50 persen.

3. Sumber antioksidan

Kopi kaya akan antioksidan seperti asam klorogenat, polifenol, dan hidroksi sinamat. Antioksidan sendiri berfungsi melawan radikal bebas dalam tubuh, yang menyebabkan kerusakan sel dan berbagai masalah kesehatan. Dengan demikian, konsumsi kopi tanpa gula memberikan perlindungan dari kerusakan oksidatif.

4. Meningkatkan energi

Dikutip dari Healthline, kafein pada kopi menstimulan sistem saraf pusat untuk melawan kelelahan dan meningkatkan energi. Ini terjadi karena kafein memblokir reseptor neurotransmitter yang disebut adenosin. Adenosin lalu meningkatkan kadar neurotransmiter lain di otak yang mengatur tingkat energi, termasuk dopamin.  Kafein juga merangsang sistem saraf yang memicu pelepasan asam lemak bebas dari jaringan lemak. Kemudian meningkatkan kadar epinefrin dalam darah sehingga meningkatkan kontraksi otot. 

5. Pencegah kanker

Dikutip dari Webmd, kopi berperan dalam mengurangi risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker prostat, mulut, hati, dan kolorektal. Kafein dalam kopi juga dapat membantu mencegah segala hal mulai dari kanker kulit non melanoma hingga kanker endometrium. Selain itu, senyawa aktif seperti kafein, flavonoid, lignan dan polifenol pada kopi mampu menghambat kerusakan sel. Lalu mendukung perbaikan DNA, serta berfungsi sebagai anti peradangan dan anti metastasis, atau mencegah penyebaran kanker ke bagian tubuh yang lain.

6. Penurunan risiko penyakit parkinson

Sejumlah penelitian menunjukkan minum kopi tanpa gula secara teratur dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit parkinson. Ini disebabkan kandungan kafein dan antioksidan dalam kopi melindungi sel-sel otak dari kerusakan dan peradangan yang terkait dengan perkembangan penyakit neurodegeneratif. 

Copas dari https://gaya.tempo.co/read/1808761/6-manfaat-minum-kopi-tanpa-gula-bagi-tubuh-cegah-diabetes-hingga-cegah-kanker

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update